Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sideka Dalam Platform Tata Kelola Desa

Platform tata kelola desa merupakan serambi atau profil atau gambaran dari pemerintahan desa. Dengan manfaat aplikas dari Sideka desa atau kampung dapat menegelola profilnya dengan mudah karna didalam aplikasi tersebut sudah memuat format-formta yang dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti data kependudukan dapat dikases dengan mudah.

Dalam sosialisasi Sideka ini diahadiri oleh Bapak Camat Penawar Aji, Kasie PMD Penawar Aji, Pendamping Desa, TPID Penawar Aji, Kepala Kampung Se-Kecamatan Penwar Ai, Juru Tulis Kampung, Kaur dan Penyuluh DBT Se-Kecamatan Penawar Aji. Dalam sambutannya Camat Penawar Aji menyampaikan dan menghimbau kepada seluruh desa/kampung  agar dapat menggunakan aplkasi Sideka yang merupakan kerjasama dengan Kominfo, BP2DK, BP3TI.

Dalam sambutannya beliau mengataan sangat bangga dengan program sosialisasi ini karena agar semua desa dapat menggunakan aplikasi Sideka dengan baik, dan dapat menerapkannya karena untuk kemudahan dalam menyelenggarakan pemerintahan desa/kampung. Sehingga pelayanan publikasi ke masyarakat dapat terlaksan secara akuarat.

 

 

Dalam acara tersebut dilanjutkan dengan bimbingan kepada aparatur desa, semangat dan antusias penyuluh memberiakan bimbingan kepada apartur desa agar mereka dapat mengerti dan paham tentang aplikasi sidkeka dan Platform Tata Kelola Desa. Namun masih ada terkendala dengan bimbingan tersebut dikarenakan masih ada spec laptop yang rendah dan tidak sesuai dengan aplikasi sideka dan kapasitas jaringan Vsat yang tidak memenuhi kuota jaringan. Sedangkan dengan jaringan tekomsel sendiri di Kampung Pasar Batang hanya EDE. Apalagi dalam aplikasi Sideka harus dikerjakan secara online. Karena pelaksanaan bimbingan dan sosialsisasi dilaksnakan  di Kampung Pasar Batang yang memang untuk energi di kampung tersebut sudah ada jaringan PLN. Dari satu Kecamatan Penawar  yang meliputi sembilan kampung  baru dua kampung yang sudah teraliri oleh jaringan listrik dari PLN dan sisanya menggunnakan tenaga diesel dan panel solary (Tenaga Surya)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan